Bercanda dengan Burung Liar

Seorang pengunjung dirubung burung burchell saat istirahat makan di tengah Kruger National Park.

Seekor burung billed-hornbill tak mau ketinggalan dari burung burchell untuk meminta makanan kepada pengunjung Kurger National Park.

Burung burchell.

Seekor burung billed-hornbill dengan setia menunggu diberi makanan. Tapi, jika pengunjung lengah, dia bisa segera mencuri makanan dan pergi.

KRUGER National Park di Afrika Selatan (Afsel) memang surganya binatang. Di kawasan seluas 18.989 kilometer persegi itu, semua binatang hidup bebas tanpa gangguan manusia, kecuali pengunjung yang hanya sekadar menyaksikan. Sebab, para ranger selalu menjaga mereka dari para pemburu liar.

Wajar saja, bintang-binatang di sini berkembang dengan baik, termasuk burung. Banyak burung di Kruger National Park. Dari elang, pemakan bangkai, sampai burung-burung kecil.

Di antara sekian spesien burung, ada dua jenis yang unik, yakni burung billed-hornbill dan burchell. Meski liar, kedua jenis burung itu tak terlalu takut kepada manusia. Bahkan, mereka akan mendatangi manusia, mencari sisa-sisa makan.

Antara gerbang Orpen dan Phalaborwa, ada sebuah pemberhentian yang cukup aman dari ancaman binatang buas. Di situ ada kafe dan tempat istirahat.

Di situ pula banyak burung billed-hornbill dan burchell berkeliaran. Mereka mendekati para pengunjung yang istirahat dan menunggu sisa-sisa makanannya.

Namun, kedua jenis burung itu juga nakal. Jika pengunjung terlena, mereka bisa mencuri makanannya. Bahkan, mereka bisa membawa plastik berisi makanan seberat satu ons.

Namun, kenakalan mereka justru mengasyikkan. Bahkan, tak jarang pengunjung bisa bercanda dengan mereka saat makan. Sebab, para burung itu dengan tenang akan menyerbu meja pengunjung dan sesekali mencuri makanan.

Biasanya, pengunjung akan memberi sebagian makanan yang mereka makan. Burung-burung itu suka makan apa saja, terutama roti atau buah. Yang cukup lucu, ada burung yang keliru mencuri rokok. Dia kira itu makanan, kemudian dikoyak dengan paruhnya. Kali ini burung-burung itu kecele. Rokok yang mereka koyak ternyata berisi tembakau yang tak mereka sukai dan akhirnya dilepaskan.

“No smoking!” mungkin itu kata burung sial itu.

Setelah berkilo-kilometer menjelajah kawasan Kruger National Park, bercanda dengan para burung itu memberi keasyikan dan kesenangan sendiri. Apalagi, jumlah mereka sangat banyak, terutama burung burchell. Tingkah mereka memberi hiburan tersendiri, bahkan bisa diajak bercanda.

Yang menarik, khusus burung burchell memiliki kicau yang indah dan variatif. Mereka juga terus berkicau sambil menunggu makanan terjatuh. Sehingga, suasananya amat menyenangkan bercanda dengan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: